Profil Madrasah
1. LATAR BELAKANG
Bahwa banyak lulusan Perguruan Tinggi Agama Islam yang kurang mapan kompetensi agama dan keberagamaan (Pemahaman, Penghayatan, dan Pengamalan) mereka. Salah satu penyebabnya adalah mereka produk SMA dan atau MA Program IPA, IPS dan Bahasa yang tidak memperoleh pendidikan tambahan dari pesantren maupun Madrasah Diniyyah Takmiliyah (suplemen).
Akibat yang nyata dari sana adalah masih sulit dicari tokoh masyarakat yang ahli agama Islam (ulama) yang berkualitas intelektual dan intelektual yang ahli /menguasai agama Islam (tafaqquh fiddin). Untuk mengarah dan mengatasi kesulitan di atas perlu dipersiapkan sejak pendididkan menengah. Oleh karena itu Madrasah Aliyah berbasis pesantren sangat dibutuhkan.
Bahwa di Kudus masih langka ditemukan Madrasah Aliyah yang dikelola secara inklusif dan terpadu dengan pesantren. Oleh karena itu Pesantren Baitul Mukminin yang berlokasi di sebelah utara POM Bensin Prambatan Kudus mulai tahun pelajaran 2011/2012 memberanikan diri untuk membuka Madrasah Aliyah yang dikelola secara terpadu dan inklusif dengan pesantren.
2. VISI
Terwujudnya lembaga pendidikan Islam yang maju, potensial, berperadaban, dan bermartabat dalam meraih keseimbangan kehidupan duniawi dan ukhrowi.
3. MISI
a. Melestarikan dan mengembangkan ajaran-ajaran Islam ala ahlissunnah wal jama’ah.
b. Meningkatkan potensi akademik dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman yang relevan dengan tuntutan zaman dalam rangka membentuk insan bertaqwa, berilmu, dan beramal serta beraklaqul karimah
c. Menumbuhkan bakat, minat dan kreatifitas siswa dalam menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meraih prestasi akademik dan non akademik agar menjadi manusia kompetitif dan mandiri.
4. TUJUAN
a. Menciptakan peserta didik yang kuat dalam aqidah islamiyah.
b. Menciptakan peserta didik yang alim dan amil fiddin melalui kajian-kajian kitab kuning
c. Menciptakan peserta didik yang sholih/sholihah secara individual dan social.
d. Menciptakan peserta didik yang berakhlaqul karimah.
e. Menciptakan peserta didik yang mencintai, menghormati,mengamalkan dan menjaga kemurnian al-Qur’an serta menguasainya (minimal hafal 3 juz)
f. Menyiapkan peserta didik yang memiliki keterampilan berbahasa Arab dan Bahasa Inggris
g. Menciptakan atmosphir yang kondusif untuk pengembangan intelektual kepribadian, minat dan bakat serta solidaritas sosial yang humanis.
h. Menyiapkan peserta didik sebagai generasi pembelajar yang berprestasi sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan tinggi dalam maupun luar negeri (Timur Tengah).
i. Meraih prestasi akademik baik dalam evaluasi internal maupun eksternal sekurang-kurangnya memperoleh nilai rata-rata 7.0
5. MOTTO
A. WAKUN MUSTAFIDAN KULLA YAUMIN ZIYADATAN MINAL ILMI WASHBAH FI BUHURIL FAWAIDI
B.IDZA FATANI YAUMUN WALAM ASTHONI’ YADAN WALAM AKTASIB ILMAN FAMA DZAKA MIN ‘UMRI
6. SISTEM PENDIDIKAN
Pendidikan di Madrasah Aliyah Manzilul Ulum dipadu dengan pendidikan Pesantren yang memberikan tambahan pengajian/telaah kitab kuning (kitab salaf) dan mengutamakan pendidikan al-Qur’an. Oleh karena itu Siswa (santri putra) yang jarak rumahnya lebih dari lima (5) km diwajibkan tinggal di Pondok Pesantren Baitul Mukminin, sedangkan untuk siswi (santri Putri) diwajibkan tinggal di rumah kost sekitar pondok pesantren.